Jam

Rabu, 08 Juni 2011

Key to Success



IKHLAS
Ikhlas dalam menuntut ilmu itu bisa dicapai dengan beberapa hal:
Pertama, belajar dengan niat melaksanakan perintah Allah Ta’ala. Karena Allah Ta’ala telah memerintahkannya. Dan Allah subhanahu wa Ta’ala juga mendorong orang supaya menuntut ilmu. Sedangkan dorongan Allah atas sesuatu memberikan konsekuensi kecintaan dan keridhoan Allah terhadap hal itu.
Kedua, belajar dengan niat menjaga syariat Allah Ta’ala. Karena menjaga syariat Allah Ta’ala hanya bisa dilakukan dengan mempelajari dan menghafalkannya, dan bisa juga dengan mencatat.
Ketiga, belajar dengan niat untuk melindungi syariat dan membelanya. Karena seandainya tidak ada ulama niscaya syariat tidak akan terlindungiKeempat, belajar dengan niat mengikuti syariat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Karena tidak mungkin bisa mengikuti syariat beliau kecuali bila sudah mengetahui isi syariat ini.
Kelima, belajar dengan niat menghilangkan kebodohan dari dirimu sendiri dan orang lain
JUJUR
Bila kita cermati, Islam adalah agama yang memiliki banyak sisi yang sangat mengutamakan ilmu pengetahuan. Bahkan Islam mendorong umatnya untuk menuntut ilmu dengan tekun, untuk itu kita sudah sama-sama tahu bahwa ayat pertama yang diturunkan adalah tentang membaca, artinya tentang mencari ilmu. Bahkan Allah sudah berjanji pada kitasebagai umatnya, bahwa Dia akan meninggikan orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.

“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS Al Mujaadillah : 11)

Allah jelas akan memberikan keutamaan pada manusia dalam bentuk ilmu pengetahuan, apalagi dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda, "barangsiapa menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya ke surga". Pertanyaannya, mengapa orang berilmu sangat dihargai oleh Allah? Karena orang berilmu memiliki satu ciri yang sangat disukai oleh Allah yaitu : memiliki rasa takut pada-Nya dan otomatis orang itu akan selalu mematuhi perintah-Nya. Untuk itu segala ciptaan Allah yang berilmu dan takut pada Allah akan mendapat gelar tersendiri seperti yang dicatat dalam salah satu ayat di bawah ini

“Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”(QS Fathiir :28)

Menurut kesepakatan para ahli, seorang ulama adalah orang yang mengetahui kekuasaan dan kebesaran Allah, dan untuk mencapai posisi ini orang itu harus bisa memehami segala ciptaan Allah.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS Ali Imran : 190-191)

Jadi jelas, selalu mengingat Allah juga merupakan salah satu indikator orang berilmu. Maka marilah kita melakukan instrospeksi diri sejenak, sejauh mana indikator ini berada pada masa sekarang. Karena seperti yang kita tahu, di negara ini sudah berkembang pandangan bahwa institusi sebagai tempat mencari ilmu sudah dinodai dengan pandangan sekedar mencari ijasah atau mencari nilai. Akhirnya tidak sedikit para siswa dan mahasiswa yang terjebak hanya untuk mengejar nilai.
PERJUANGAN
Sesungguhnya Islam adalah agama yang menghargai ilmu pengetahuan. Bahkan Allah sendiri lewat Al Qur’an meninggikan orang-orang yang berilmu dibanding orang-orang awam beberapa derajad.

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajad.” (Al Mujadilah: 11)

Pada surat Ali ‘Imran: 18 Allah SWT bahkan memulai dengan dirinya, lalu dengan malaikatnya, dan kemudian dengan orang-orang yang berilmu. Jelas kalau Allah menghargai orang-orang yang berilmu.

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)” (Ali Imran:18)

Allah juga menyatakan bahwa hanya dengan ilmu orang bisa memahami perumpamaan yang diberikan Allah untuk manusia.

“Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia, dan tiada memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu” (Al ‘Ankabut:43)

Tuhan juga menegaskan hanya dengan ilmulah orang bisa mendapat petunjuk Al Qur’an.

“Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat2 yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu” (Al Ankabut:49)

Nabi Muhammad SAW juga sangat menghargai orang yang berilmu. “Ulama adalah pewaris para Nabi” Begitu sabdanya seperti yang dimuat di HR Abu Dawud.

Bahkan Nabi tidak tanggung2 lebih menghargai seorang ilmuwan daripada satu kabilah. “Sesungguhnya matinya satu kabilah itu lebih ringan daripada matinya seorang ‘alim.” (HR Thabrani)

Seorang ‘alim juga lebih tinggi dari pada seorang ahli ibadah yang sewaktu2 bisa tersesat karena kurangnya ilmu. “Keutamaan orang ‘alim atas orang ahli ibadah adalah seperti keutamaan diriku atas orang yang paling rendah dari sahabatku.” (HR At Tirmidzi).

Nabi Muhammad mewajibkan ummatnya untuk menuntut ilmu. “Menuntut ilmu wajib bagi muslimin dan muslimah” begitu sabdanya. “Tuntutlah ilmu dari sejak lahir hingga sampai ke liang lahat.”

Jelas Islam menghargai ilmu pengetahuan dan mewajibkan seluruh ummat Islam untuk mempelajarinya. Karena itu pendapat mayoritas ummat Islam (terutama di pedesaan) yang menganggap bahwa perempuan itu tidak perlu sekolah tinggi2, soalnya nanti tinggalnya juga di dapur jelas bertentangan dengan ajaran Islam.

0 komentar:

 

Entri Populer

Tuan Rumah

Kenalan Yuk

Foto saya
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
Blog ini hanya sekedar mengeksplor sisi ke WOW-an INDONESIA kita... salam kenal semuanya....

Blogroll

   

Jumlah Pengunjung

Pengikut