Jam

Selasa, 01 Februari 2011

Ishaq Al-Mausili Musisi Islam Termasyhur Penemu Solmisasi




Ishaq Al-Mausili (wafat 850 M) adalah salah seorang musisi Muslim terbesar di kancah dunia musik Arab pada zaman kekhalifahan. Darah seni menetes dari ayahnya, Ibrahim Al-Mausili (wafat 804 M), yang juga seorang musisi besar.

Ishaq terlahir di Al-Raiy, Persia Utara. Saat itu, sang ayah tengah mempelajari musik Persia. Sang ayah terus mengembara demi mempelajari dan mengembangkan seni musik yang sangat dicintainya.
Suatu waktu, Ibrahim membawa putranya yang mash kecil ke Kota Baghdad metropolis intelektual dunia. Kelak, di pusat pemerintahan Ke - khalifahan Abbasiyah itulah nama Ishaq melambung sebagai seorang musisi legendaris. Kisah masa kecilnya juga tercatat dengan baik. Ishaq cilik memulai pendidikannya dengan mempelajari Alquran dari Al-Kisa’i dan Al-Farra.

Dari Hushaim ibnu Bushair, Ishaq mempelajari tradisi dan budaya. Se - dangkan, pelajaran sejarah diperoleh nya dari Al-Asmai’i dan Abu Ubaidah Al-Muthanna. Sejak kecil, ia sudah kepincut dengan musik. Na - mun, sang ayah bukanlah satu-sa tunya guru yang memperkenalkan dan mengajarinya seni musik. Menurut Miss Schlesinger, Ishaq mempelajari musik dari sang paman, Zalzal, dan Atika binti Shuda yang juga musisi terkemuka. Ishaq dikenal sebagai sosok manusia yang kaya dengan budaya. Ia adalah musisi yang intelek. Hal itu dibuktikan dengan perpustakaan pribadinya yang tercatat se bagai yang terbesar di Baghdad.

Ishaq telah memberi sumbangan penting bagi pengembangan ilmu musik. Ternyata, dialah musisi yang memperkenalkan solmisasi: do re mi fa sol la si do. Ishaq Al-Mausili memperkenalkan solmisasi dalam bukunya, Book of Notes and Rhythms dan Great Book of Songs, yang begitu populer di Barat. Musisi Muslim lainnya yang juga memperkenalkan solmisasi adalah Ibn Al-Farabi (872 M-950 M) dalam Kitab Al-Mausiqul Kabir. Selain itu, Ziryab (789 M-857 M), seorang ahli musik dan ahli botani dari Baghdad, turut mengembangkan penggunaan solmisasi tersebut di Spanyol jauh sebelum Guiddo Arezzo muncul de ngan notasi Guido’s Handnya.

Peradaban Barat kerap mengklaim bahwa Guido Arezzo adalah musisi yang pertama kali memperkenalkan solmisasi lewat notasi Guido’s Hand. Ternyata, notasi Guido’s Handmilik Guido Arezzo hanyalah jiplakan dari notasi arab yang telah ditemukan dan digunakan sejak abad ke-9 oleh para ilmuwan Muslim.

Para ilmuwan yang telah menggunakannya, antara lain Yunus Alkatib (765 M), Al-Khalil (791 M), Al- Ma’mun (wafat 833 M), Ishaq Al- Mausili (wafat 850 M), dan Ibn Al- Farabi (872 M-950 M).
Ibn Firnas (wafat 888 M) pun turut berperan dalam penggunaan solmisasi tersebut di Spanyol. Karena, ia adalah orang yang memperkenalkan masyarakat Spanyol terhadap musik oriental dan juga merupakan orang yang pertama kali mengajarkannya di sekolah-sekolah Andalusia.

Guido Arezzo mengetahui solmisasi tersebut dengan mempelajari Catalogna, sebuah buku teori musik berbahasa Latin yang berisi kumpulan penemuan ilmuwan Muslim di bidang musik. Solmisasi tersebut ditulis dalam Catalogna yang diterbitkan di Monte Cassino pada abad ke-11. Monte Cassino merupakan daerah di Italia yang pernah dihuni masyarakat Muslim dan juga pernah disinggahi oleh Constantine Afrika. Lagi-lagi, peradaban Barat mencoba memanipulasi sejarah.

1 komentar:

Anonim mengatakan... at 16 Juli 2011 pukul 16.48

PEJUANG NASYID SHALAWAT INDONESIA

Ini adalah kisah seorang pejuang shalawat yang akrab disapa ABU FAWAID yang memiliki nama asli EMAN SULAEMAN. Kesehariannya dia adalah seorang guru disebuah sekolah swasta diwilayah sepatan tangerang, dia juga mengasuh sebuah Lembaga Pendidikan dan Tahfizh Al qur’an dirumahnya tepatnya didesa Lebak Wangi Sepatan Timur Tangerang Banten.

Lelaki kelahiran Tangerang 31 Mei 1978 ini memulai kebiasaannya menciptakan lagu religi khususnya shalawat mulai tahun 2006 tatkala ditengah gegap gempitanya lagu religi islam justru lagu religi bergenre shalawat kehilangan eksistensinya dibelantika musik islam Indonesia, padahal shalawat pernah BOOMING dimasa Haddad Alwi dan Sulis, Mayada, Wafiq Azizah dll.

Alumni STM 80 Tangerang ini berpikir, mungkin masyarakat bosan karena shalawat yang disuguhkan itu itu saja, paling beda penyanyi dan aransement musiknya saja, kebanyakan shalawat disuguhkan dengan nada lagu lagu yang sudah ada, jarang dengan lagu ciptaannya sendiri. Perhatikan ada berapa ratus penyanyi/group shalawat, mereka berkutat pada shalawat itu-itu saja, dengan nada yang itu-itu saja, atau paling-paling menggunakan nada lagu orang lain yang sedang trend seperti yang pernah dilakukan oleh UJE dengan lagu JABLAY.

Para musisi islam kurang berani bereksplorasi dengan lagu shalawat. Alumni madrasatul qur’an tebuireng jombang jawa timur ini menciptakan 130an lagu religi dengan bahasa Indonesia dan shalawat melalui tirakat dan riyadloh atau melalui ilmu ladunni bukan dari keahlian musik karena dia tidak bisa bermain musik, dalam menyajikan shalawat dia tidak ingin kaku dalam irama musik, bagi Abu Fawaid, tidaklah harus lagu besyair arab selalu dengan musik Arabic seperti kasidah, gambus atau marawis. Dia membawa shalawat dengan irama Reggae, Rock, Jazz, Pop, R&B dan lain lain. Bisa dibilang, langkah abu fawaid ini adalah satu-satunya di indonesia bahkan di dunia.

Ternyata lagu lagu Abu Fawaid cukup mendapat respon positif dari masyarakat yang menunggu sebuah revolusi dalam musik shalawat khususnya.

Untuk lebih berkreasi lagi Abu Fawaid bekolaborasi dengan anak anak band menggarap lagu DILLUNI dengan genre reggae. Walau pada saat ini lagu-lagu karya abu fawaid belum diterima oleh label musik indonesia dengan alasan tidak komersial, namun dia yakin ini bisa menjadi Trend Setter dalam musik religi islam kedepannya khususnya shalawat. dan seperti biasa di Indonesia, apabila ada yang sedang trend maka semua rame-rame mengekor dan membuntuti.

Ayo dukung karya karya Abu Fawaid. Berikan dukungan anda,
Klik: http://www.facebook.com/pages/DUKUNG-SHALAWAT-KARYA-ABU-FAWAID/213589978653468

atau mau dengar karya-karyanya klik: http://www.facebook.com/sharer.php?u=http://www.reverbnation.com/artist/fb_share/abufawaid_copy_to_clipboard

atau mau download lagu lagu shalawat karya abu fawaid:
1. 8 kriteria
http://www.4*shared.com/audio/BK1Lyc...Dektrit__.html
2. aktsir bidzikrillah
http://www.4*shared.com/audio/d6M_TE...ikirillah.html
3. al hijratu
http://www.4*shared.com/audio/o4hI9gpO/Al_Hijratu.html
4. aman-aman
http://www.4*shared.com/audio/P9S4oSu8/Aman-aman.html
5. ampuni dosaku
http://www.4*shared.com/audio/8_jDE3...ni_dosaku.html
6. arjuka
http://www.4*shared.com/audio/EktfX5hv/Arjuka.html
7. bahaya
http://www.4*shared.com/audio/ji0FbIoz/Bahaya.html
8. dilluni
http://www.4*shared.com/audio/ulq9V8Je/Dilluni.html
9. ibu
http://www.4*shared.com/audio/QowYqoXC/Ibu.html
10. inna fil jannah
http://www.4*shared.com/audio/5z6Kt3...il_Jannah.html
11. lukman berpesan
http://www.4*shared.com/audio/goGNWG..._Berpesan.html
12. marhaban ya ramadhan
http://www.4*shared.com/audio/Dmbna5..._Ramadhan.html
13. ngaku-ngaku
http://www.4*shared.com/audio/UCNuKY5H/Ngaku-Ngaku.html

 

Entri Populer

Tuan Rumah

Kenalan Yuk

Foto saya
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
Blog ini hanya sekedar mengeksplor sisi ke WOW-an INDONESIA kita... salam kenal semuanya....

Blogroll

   

Jumlah Pengunjung

Pengikut