Jam

Jumat, 06 November 2009

ANU NYA KANG BEJO “QIYAMUHU BINAFSIHI”


Kang Bejo, santri paling familiar di pondok ini. Selain sudah lama nyantri, dialah yang sering bengak bengok ngajak sholat alias adzan di masjid pondok. Suaranya............lumayanlah gak kalah ma ahmad dhani.... Jadi jika kita masuk dan menanyakan keberadaan dia,,,pasti semua komplek tau.
Suatu ketika kang bejosedang dilanda kalut yang ekstra lebay....entah suasana isi kantong yang ikut mendukung penderitaan itu apa memang permasalahan yang dia hadapi sedang pelik sekali. Karakter slengehan, doyan guyon, lan ora pernah mrengut sepertinya detik ini sedang tidak bersarang di wajah kang Bejo. Ada apa dengan Kang Bejo?
Usut punya usut, kang bejo sedang dilanda kebingungan. Jadi awal ceritanya begini...........
Kang Bejo secara tidak sengaja menemukan dompet di jalan ketika dia sedang keluar membeli makan. Berhubung jalan dalam keadaan sepi, dan bejo takut jika dompet itu tidak diamankan justru dompet itu keambil sama orang yang kurang bertanggung jawab kan malah bahaya. Jadi...ya ambil dan simpen aja dulu lah! Pikir kang bejo. Dompet itu dia buka untuk mencari informasi siapa pemilik dompet tersebut. Ada sebuah KTP bernamakan Siti Marfuah, alamatnya juga masih disekitar pondok. “Wah jan ayu tenan arek iki”celetuk kang bejo setelah melihat foto yang juga ada didalam dompet itu. “Yo wis lah tak kembalikan aja kerumahnya”.
Tok Tok Tok, assalamu'alaikum..............
Tok Tok Tok Assalamu'alaikum mbak, bu , pak ,,,,,,,,,,,
“Wa'alaikumsalam......” terdengar suara lemah gemulai dari balik pintu.
Kreeeeek........pintu terbuka dan...............
“Subhanallah...............!!!!!!!!!!!” seketika kang Bejo diam tanpa kata, sambil berdzikir “ayune rek...ayune rek...ayune rek....” persis 33 kali. Berhubung lama hidup di pondok jarang ketemu lawan jenis jadi ANU NYA alias GROGINYA KANG BEJO QIYAMUHU BINAFSIHI.
“Mas....mas....maaf ada perlu apa?” tanya yang punya rumah yang gak lain dia adalah Siti Marfu'ah, orang yang kang Bejo cari.
“E....iya mbak...maaf.....e.....anu....anu saya.....e...maksudnya saya kesini mau mengembalikan dompet mbak yang jatuh disimpang deket pondok saya.” terang kang Bejo gugup.
“Oiya mas makasih banyak, dari kemaren saya bingung mencarinya, terima kasih lho mas,, ` monggo duduk dulu saya buatkan minum”
“Mpun mboten usah mbak, mohon dompetnya dicek dulu siapa tahu ada yang kurang”
“Oiya mas”
“Lengkap kok mas, makasih lho mas”jawab siti
“Kalo gitu saya pamit dulu mbak, Assalamu'alaikum”
“Wa'alaikumsalam”

Nah bermula dari pertemuan itu kang Bejo jadi mikir dengan usia nya yang semakin bertambah, tetapi untuk mancari pasangan hidup masih kurang terfikirkan. “Waduh kapan yo aku nduwe calon bojo?trus sopo yo sing gelem karo aku? Kiro-kiro Siti Marfuah tadi mau gak ya?
-hammam alfattahiey-

0 komentar:

 

Entri Populer

Tuan Rumah

Kenalan Yuk

Foto saya
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
Blog ini hanya sekedar mengeksplor sisi ke WOW-an INDONESIA kita... salam kenal semuanya....

Blogroll

   

Jumlah Pengunjung

Pengikut