Jam

Kamis, 28 Januari 2010

Santri Cecep


Seperti biasa disebuah pondok yang masih `Tradisional` santri dan keluarga sangat santun dan patuh pada sang Kyai pengasuh. Nah sang kyai ini punya santri yang cukup banyak dan bermacam prilaku dan karakterinya.
Suatu hari menjelang tidur malam selepas pengajian beberapa murid kumpul dan bercengkerama. ada yang main tebakan adapula yang main sekak (catur). Tidak seperti biasanya kalo malam seorang santri ngajukan tantangan pada temen-temennya.

`Hayo... Siapa yang berani nyium dua pipinya si `ening` (pangilan hormat pada putri sang kyai )
` Gila lo cep, emang kamu berani apa`
` Emang sicecep tuh paling edan `
` Okey deh kalo aku bisa cium pipi si eneng kamu mau bayar berapa?`
` Aku akan bayar kamu dua puluh ribu deh kalo kamu berani dan sukses ddalam misi itu `
` Okkey deh liat aja besok pagi selepas sholat dhuha`

Nah... malam harinya menjelang sholat shubuh sicecep hadir duluan di langgar (masjid) tempat biasnya sang kyai ngadakan pengajian. Dan langgar itu nggak jauh dari `Dalem` (rumah) sang kyai. Peresisnya dibelakang rumah yang kurang lebih 25 meteran.

Begitu sang kyai masuk ke langgar tersebut sangkyai terkejut melihat sicecep yang sepertinya khusuk wiridan. Nah begitu adzan subuh sicecep pun adzan lalu sholat sunnah. Nggak seperti biasanya emang sicecep rajin seperti itu. Sang kyaipun tampak bangga karena merasa bisa membimbing santrinya itu.

Namun begitu menjelang iqomah si cecep berlagak batal dan pergi untuk ngambil air wudhu. Begitu keluar dari masjid sicecep menuju kkamar mandi sambil nenteng sandal sang kyai kebelakang rumahnya.

Selepas sholat subuh sang kyai melanjutkan wirid sampai saat dhuha. begitu pula dengan si cecep.Begitu selesai sholat dhuha sang kyai beranjak berdiri dan keluar. Namun ia terkejut karena beliau tidak menemukan sandalnya. Si cecep yang berlagak tidak tahu menghampiri sang kyai dan bertanya ` Ada apa kyai...?`
` Saandalku nggak ada cep....`. ` OOo.....tadi saya lihat diambil si enen, Kalao gitu saya ambilkan ya...Kyai..`
` Terima kasih kamu memang murid yang taat pada guru ...` ( sambil mengusap kepala si cecep.
Si Cecep pun menuju rumah si sang kyai dan menemui putrinya.

:` Ada apa cep ` tanya sang putri
` anu neng sama pak kyai saya disuruh nyium pipi neng `
` Ah nggak mungkin, masak kkyai nyuruh gitu ` tolak sang putri.
Si cecep segera berteriak ` Kyai... sama eneg nggak boleh, nggak diberikan ` Sang kyai langsung membalas ` Lho neng kenapa nggak diberikan .... Hayoo...cepat berikan....`.
` Tuh betulkan neng kyai nyuruh beri cecep sun `.
Dengan agak malu si eneng pun memberikan pipi kanannya.
` Trus yang kiri mana...` ` eh kamu jangan bertingkah ya..,.
udah dikasi yang kanan minta yang kiri.. `. Si cecep pun teriak lagi ` Pak Kyai sama si Eneng cuman diberikan satu `. Sang kyai pun membalas dengan lantang ` Lho kamu ini gimana tho neng yang berikan dua-duanya `. Kontan saja si eneng ngasihkan pipio kirinya.

Santri lain yang melihat kejadian itu cengar-cengir dan gemas sama si cecep. Begitu si cecep selesai melaksanakan triknya sicecep pun ngeloyor pergi dan memberikan sandal sang kyai. Begitu sandal diberikan sang kyaipun berujar ` terima kasih semoga ilmu yang kamu terima bisa bermanfaat.... ` Amin... kata sicecep menimpali.

1 komentar:

Hammam Fathulloh mengatakan... at 28 Januari 2010 pukul 12.17

hanya sekedar humor.....

 

Entri Populer

Tuan Rumah

Kenalan Yuk

Foto saya
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
Blog ini hanya sekedar mengeksplor sisi ke WOW-an INDONESIA kita... salam kenal semuanya....

Blogroll

   

Jumlah Pengunjung

Pengikut